Agri News

Profil Pusat Inkubator Agribisnis


Profil Pusat Inkubator Agribisnis

FAPERTA UNSIL TASIKMALAYA

A.PENDAHULUAN

Pusat Inkubator Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi (PIA Faperta-UNSIL) merupakan nalaran konsep link and match, dan sebagai unt kerja yang mengemban tuga membina dn mengembangkan sumberdaya manusia khususnya peserta didik untuk memiliki pengetahuan, wawasn dan pengalaman dasar berwirausaha sebagai usaha menuju entrepreneurial university.

PIA Faperta-UNSIL memiliki sebuah ragkaian progra yang strategis untuk menghasilkan alumni dan masyarakat biasa menjadi wirausaha yang sukses dan mandiri dengan bisnis yang kuat dan selalu berkembang. Nalaran tersebut diharapkan akan menghasilkan sinergi antara UNSIL  dengan lingkunganny Kedepan UNSIL diharapkan memiliki peranan besar dalam memberikan ilmu kewirausahaan, tempat kreatifitas, inovasi, ilmu dan teknologi pertanian, tempat penelitian serta menjadi tempat penggodogan calon-calon wirausahawan

VISI, MISI, dan TUJUAN

Visi :

Menjadi pusat inkubasi dan inovasi bidang agribisnis dalam rangka menciptakan kewirausahaan yang berdaya saing tangguh dan mandiri.

Misi :

  1. Membudayakan dan mengimplementasikan nilai-nilai kewirausahaan di kalangan warga kampus dan masyarakat.
  2. Melayani dan membantu pengembangan usaha kecil dalam bidang agribisnis dan agroindustri menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan mampu berkembang.
  3. Sebagai mitra dalam mengelola jaringan kerja antar tenant, institusi pemerintah, BUMN, PT, lembaga keuangan, dan dunia usaha.
  4. Sebagai pusat akses informasi ke Institusi BUMN,, PT, Lembaga Keuangan, dan dunia usaha.

TUJUAN

  1. Menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan di lingkugan perguruan tinggi dalam hal ini  Fakultas Pertanian UNSIL dan masyarakat.
  2. Mendorong potensi akademik dan non kademik yang bernilai komersial
  3. Mendorong kegiatan usaha agribisnis melalui pengembangan teknologi tepat guna
  4. Meningkatkan peluang keberhasilan melalui pelayanan konsultasi terpadu
  5. Mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah bidang agribisnis yang tangguh dan mandiri
  6. Menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan yang mendorong terwujudnya unit usaha agibisnis sebagai sumber pendapatan(income generating unit) di Fakultas Pertanian UNSIL

B. RUANG LINGKUP

PIA Faperta UNSIL terbagi  dalam 2 kelompok sasaran meliputi inkubator agribisnis orientasi internal unversitas/fakultas serta inkubator agribisnis untuk masyarakat luas.

PIA yang brorientasi internal di fokuskan kepada pengkondisian agar sumberdaya manusia mahasiswa/ alumni UNSIL berdaya saing yaitu sumberdaya yang memiliki skill dan motivasi entrereneurship .

PIA diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana bagi jalannya komersialisasi hasil hasil penelitian serta diharapkan dapat memotivasi para dosen melakukan penelitian untuk menemukan poduk yang dapat dijual.

C. PROGRAM

  1. Pendidikan, Pelatihan, dan Pemagangan.
  2. Kajian Terapan.
  3. Pengembangan Produk dan Teknologi
  4. Konsultasi Bisnis

D. SARANA DAN PRASARANA

  • Ruang kantor
  • Sarana internet
  • Laboratorium
  • Kebun Percobaan
  • Kolam ikan
  • Rumah jamur
  • Ruang pembibitan jamur

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *